Monday, July 25, 2005

Bruce Lee ( mungkin ) Sudah Mati....(bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya)

Sebenernya,gwe sama sekali bukan penikmat film silat,apalagi penggemar film-film silat. Tapi nggak ada salahnya juga kalo gwe mencoba mengenal film yang gwe bilang sama sekali bukan gwe banget. Boleh percaya boleh nggak,pertama kalinya seumur hidup gwe "terpaksa" nonton film silat ketika perjalanan dari Jogja ke Bandung via argowilis. Kebetulan ada Show On Rail,dan dua kali PP naek kereta yang sama gwe nonton film silat cina HERO ( gwe lupa lagi siapa yang main...bego banget yak:P )

How bout Bruce Lee? Gwe emang udah sering denger namanya disebut-sebut sebagai legenda film silat sekaligus multitalented actor yang bisa dibilang punya nama harum sekaligus reputasi oke sebagai seorang aktor silat. Pertama kali tertarik buat mengenal Bruce Lee,gara-gara naikin berita tentang perhatian pemerintah Hong Kong terhadap karier Bruce Lee selama ini,dan di hari jadinya ke 65 nanti,pemerintah Hong Kong bakal menghadiahinya patung perunggu setinggi 2 meter yang akan diletakkan di kota itu.

After that,iseng2 gwe jalan ke toko buku,trus menemukan buku biografi Bruce Lee,yg judulnya Bruce Lee:Artis of Life., well buku ini dijual dengan harga yang menurut gwe sangat murah untuk ukuran buku internasional,dengan kertas tebal dan hard cover. Bruce Lee is amazing....damn...ternyata dibalik kecanggihannya memainkan jurus silat,Bruce Lee still a human dengan sisi romantismenya yang cukup luar biasa.

Di sela-sela kesendiriannya,dia sering banget nulis puisi dan beberapa diantaranya dibukukan dalam buku biografinya tersebut. Filosofinya juga cukup menarik,meskipun dilahirkan di Amerika namun Bruce Lee tidak melupakan darah cinanya,ketika duduk di SMP bahkan ayahnya memulangkannya ke Hong Kong untuk bersekolah disana.

Bruce Lee meninggal di usia muda,tepatnya 32. Seandainya ia masih hidup,saat ini usianya 65. Ia meninggal dengan suatu alasan medis yang masih simpang siur. Meskipun ia seorang aktor,satu hal yang patut kupuji,ia meninggal dengan satu istri...bahkan kalau sempat membaca beberapa puisinya, Bruce Lee termasuk salah seorang pemuja cinta.

Well,that's nice.....satu yang pingin gwe garis bawahi...pemerintah Hong Kong ternyata tidak melupakan nasib pahlawannya dan mampu menghargai pahlawan,sekecil apapun peranannya. Bruce Lee memang tidak mati di medan perang, tapi dia pahlawan seni......

Kadang,aku sempat mengingat seniman-seniman indonesia, yang dihari ini tanpa jaminan dari bangsanya sendiri...yang di hari ini tidur terkapar dan menunggu mati......

I leave you my poem,....
Read when you're on silence....****




**** potongan puisi Bruce Lee yang sempat ditulis tangan di buku Bruce Lee:Artist Of Life

3 Comments:

At 7:11 PM , Anonymous Anonymous said...

Salam kenal saya Dave, saya membaca blog anda lalu tertarik dengan buku Bruce Lee:Artis of Life, buku ini saya sudah cari lama tetapi tidak tahu beli dimana?

Saya hanya ingin tahu anda beli dimana? dan tahun berapa? Lalu terbitan luar atau sudah disadur ke indonesia?

jika ada infonya tolong e-mail saya di:
say_what_dave@yahoo.com

Thx banget karena membuka peluang mencari buku itu.

 
At 1:45 AM , Blogger SEKJEN PENA 98 said...

* Di sini ada cerita
Tentang cinta
Tentang air mata
Tentang tetesan darah

Disini ada cerita
Tentang kesetiaan
Juga pengkhianatan

Disini ada cerita
Tentang mimpi yang indah
Tentang negeri penuh bunga
Cinta dan gelak tawa

Disini ada cerita
Tentang sebuah negeri tanpa senjata
Tanpa tentara
Tanpa penjara
Tanpa darah dan air mata

Disini ada cerita tentang kami yang tersisa
Yang bertahan walau terluka
Yang tak lari walau sendiri
Yang terus melawan ditengah ketakutan!

Kami ada disini
www.pena-98.com
www.adiannapitupulu.blogspot.com

 
At 5:27 PM , Anonymous Anonymous said...

saya sudah membaca semua tentang bruce lee bahkan saya mengoleksi semua filmnya, he is amazing. dy seorang aktor yang hebat,tampan, seorang filosof ( dia lulusan Univ Washington Jurusan Filsafah ), seorang fighter ( dy pernah menerima tantangan jack wong master kungfu), seorang yang berjiwa seni dan romantis walaupun kesannya dari luar dia angkuh arogan. dy angkuh karena ingin membuktikan aliran beladirinya Jet kun Do (jun fun) adlah yang terbaik. (DemiGodSemiDevil)

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home