Tuesday, December 20, 2005

Kasus Hermansaksono VS Eksploitasi Media

Kasus yang menimpa saudara saya ini sebenarnya sudah jadi kasus yang nyaris ditutup.Tapi saya jadi heran,sepertinya media berusaha untuk meluberkan kasus ini sehingga terkesan amat sangat dahsyat.Pemberitaan yang diangkat pun beberapa yang saya baca tidak menempatkan sisi edukatif bagi para pembacanya dan bahkan banyak diantaranya yang melakukan montase media lain.Damn!!!!

Ironisnya lagi,hal-hal yang ditulis di media itu,beberapa diantaranya tidak sesuai dengan fakta yang ada.Saya tidak perlu menyebutkan media mana yang saya maksud,tapi ketika saya membacanya dengan cermat,terjadi sebuah inkosistensi berita yang ditulis.Ada kesan,media memanfaatkan sebuah momen besar untuk membuat masalah ini semakin memancing pro dan kontra.Saking buru-burunya,wartawan jadi tidak teliti dengan hal-hal kecil yang menurut saya potensial menimbulkan salah tafsir.

Saya tidak tahu ada motif apa di balik semua pemberitaan yang semakin membesar ini.Semoga saja media semakin bijak menulis semua pemberitaan yang menimpa Hermansaksono,sehingga berita yang diangkat benar-benar objektif dan tentu edukatif.Seharusnya,kalau media memang ingin mengangkat kasus ini menjadi sebuah bacaan bermutu,setidaknya dia melakukan pengumpulan informasi yang tidak hanya asal.

Saya rasa Hermansaksono cukup wise menerima permasalahan ini.Di beberapa media dia juga tidak terlihat memberikan komentar panjang.Dia cukup punya itikad baik untuk menyelesaikan masalah ini sesuai dengan kesepakatan yang dibuat.

Dari semua proses yang saya lihat saat penyidikan,Hermansaksono cukup smart menghadapi semua pertanyaan yang diajukan oleh pihak penyidik.Kalaupun proses penyidikan menjadi sangat lama,itu karena komputer yang dipakai penyidik beberapa kali harus restart,...plus Hermansaksono harus meneliti lagi ketikan BAP dari bapak Polisi.


Atau...jangan-jangan Anda hanya dikejar Deadline?????

2 Comments:

At 7:50 PM , Anonymous Anonymous said...

hehehe iya tuh yg ga pinter jadi sok pinter, jadinya lucu si momon dah nyoba cooling down eee yg lain pada ribut momon beken hehehe momon tu sapa yah

 
At 1:54 AM , Blogger Ikhlasul Amal said...

Apa benar media terlalu mengeksploitasi kasus ini? Walaupun saya belum mengamati banyak media, dari yang saya baca, terasa kadarnya "masih wajar". Di tengah riuh-rendah dinamika berita Indonesia yang gila-gilaan (sebuah berita bisa basi dalam waktu hanya 2-3 hari, tersusul berita lanjutannya), berita tentang Herman "hanya" masuk di boks teknologi atau secuplik pada rubrik nasional.

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home