Sunday, July 22, 2007

I Say Potato...and You Say Poteto

Akhir-akhir ini lagi sering banyak pertanyaan mampir di kuping gwe, terutama...tentang isu agama. Sebut saja, Rio, temen gwe dari jaman SMP ini, lagi-lagi menanyakan hal yang sama yang udah pernah dia tanyain setahun yang lalu.
"gwe benernya siap merried buat indah, tapi gimana yah, bokap gwe ngga boleh gitu kawin campur...". Hmmm,temen gwe yang satu ini bahkan ngga cuman nanyain opininya ke gwe, tapi malahan ke bokap gwe yang jelas-jelas udah ngerasain 25 tahun pernikahannya dengan seorang istri yang beda keyakinan sama dia.
"Hmmm...om, gimana yah,kalo saya nikah sama Indah, tapi dia beda keyakinan sama saya"
Jawaban bokap gwe simple
"Perbedaan itu indah kok...:D", jadi intinya : KAWIN CAMPUR ITU NGGA MASALAH. Tapi, gwe sebagai anak yg dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang sangat akrab dengan pluralisme ( kakek-nenek gwe beda keyakinan agama juga.red ) jadi merasakan sesuatu yang lain. Dulu jaman gwe kecil, sering banget kalo maen ke rumah temen, ngeliat suami istri dan anak-anaknya yang ke gereja bareng, atauw suami-istri dan anak-anaknya yang berbuka puasa dan sholat bareng:)....
Waktu itu gwe bilang "whad a beautiful family...so perfect!"....apalagi jaman SD. Gwe termasuk barang langka. Satu kelas yang orang tuanya beda agama cuman gwe. Makanya kalo anak-anak suka cerita di depan kelas..."Kemarin hari Minggu kami sekeluarga ke gereja bersama..." ada yang lain lagi..."Kami sekeluarga sholat berjamaah dan setelah itu buka bersama..."...sementara yang gwe ceritain lain : " Bapak saya mengajak saya sholat di masjid, dan di hari Minggu...saya diajak ke gereja"
Akhirnya dalam pikiran gwe hukum yang berlaku di hidup gwe adalah DUALISME. Bingung, jadi ngga punya pegangan kuat,iya gwe rasain banget....baru nemuin juga udah gede gini, hampir usia seperempat abad.
Mungkin kawin campur not a big deal for several people, tapi gw cuma berpikir...kasian anak-anak gwe ntar kalo bapak ibunya beda keyakinan. Meskipun gwe bakal ngasih kebebasan sepenuhnya tapi tetep aja...gwe ngga bisa totally memberikan satu pandangan ke anak gwe tar. Masih dengan pertimbangan tentunya, tentang perasaan suami gwe yang mungkin beda keyakinan. Apalagi kalo misalnya dalam keluarga semua anak cuman ngikut salah satu agama orang tuanya, bakal berasa banget deh adanya ketidakseimbangan itu.Aduhhhh jadi inget gwe...waktu dulu mau masuk TK, secara kebetulan eyang putri gwe beragama Islam dan jelas waktu kecil gwe sempet disekolahin di TK Islam selama beberapa bulan. Ngga berapa lama bokap gwe harus ambil course di Belanda, otomatis didikan dihandle nyokap...dan gwe akhirnya bersekolah di sekolah Kristiani. Jadi rebutan gitu.
Kadang emang bener sih perbedaan itu bisa menjadikan segala sesuatunya lebih berwarna dan lebih indah...tapi bisa jadi perbedaan itulah yang akhirnya jadi awal dari sebuah kehancuran.Untuk masalah yang kata orang ini mostly sensitif sebenernya juga balik lagi sih ke individunya masing-masing...tapi kalo bisa sama kenapa harus berbeda...:)itu aja sih...lagian...kodrat lelaki itu kepala keluarga...dan sebisa mungkin kepala keluarga bisa jadi imam yang baik buat istri dan anak-anaknya.

2 Comments:

At 9:23 PM , Anonymous Anonymous said...

aku setuju banget sama kamu...
dulu zaman aku SMA juga pacaran sama teman muslim anak bapak haji
dianya senang tapi aku gak mungkin tinggalin agamaku....
backstreet lalu putus karena aku terpaksa keluar kota.
sekarang aku lagi mo nulis tentang Kawin Campur tulisanmu boleh juga saya jadikan referensi. kata senior ku yang dah menikah dan kebetulan campur....
nikah campur itu memang susah..
gak cuman buat anak-anak tapi juga buat pasangan itu sendiri. keputusan harus benar-benar dipikir gak cuman untuk hari ini tetapi masa yang akan datang. saat cinta mulai pudar... saat kasih menuntut banyak pengorbanan.

 
At 2:06 AM , Anonymous Anonymous said...

thanks azwer...:)

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home