Tuesday, January 31, 2006

Nobel Perdamaian Untuk SBY?

Penggalan judul di sebuah surat kabar lokal, SBY BAKAL TERIMA NOBEL PERDAMAIAN, sedikit menggelitik saya untuk beropini di sini. Dengar-dengar kabar, SBY dikatakan layak mendapatkan nobel perdamaian ini, terutama karena usahanya menyelesaikan konflik yang terjadi di ACEH pasca pendudukan GAM.

Tapi benarkah, ungkapan ini memang dialamatkan kepada Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono? Lepas dari sentimen politis terhadap kepemimpinan SBY, saya rasa kalau untuk kategori perdamaian, mungkin masih ada yang lebih layak menerima nobel perdamaian.

Sejauh yang saya tahu, justru SBY tidak terlalu banyak berkutat apalagi terjun langsung mengatasi konflik yang terjadi di bumi Aceh. Bukan bermaksud mengecilkan peran SBY, tapi yang saya tahu dan saya ingat justru yang lebih banyak menjadi mediator dalam perjanjian damai RI-GAM justru Martti Ahtisaari, dan agak lebih kelihatan lagi adalah Jusuf Kalla.

Jadi, buat saya mungkin terlalu pagi, kalau SBY menerima nobel perdamaian. Esensinya akan terdengar populis dan mungkin kurang berbobot:)

wait 4 the right time, MR PRESIDENT!

4 Comments:

At 12:51 PM , Blogger Innuendo said...

kayaknya SBY memang masih terlalu dini ya. jd siapa donk ?

 
At 11:52 PM , Anonymous Anonymous said...

mending Pramoedya aja, tp bukan perdamaian tp nobel utk literatur

 
At 7:15 AM , Anonymous Anonymous said...

rasanya gak fair kalu cuma sby aja yang dinominasikan dapat nobel, gimana dengan Hasan Tiro dari pihak GAM? Coba kalau dia gak mau damai?

 
At 9:53 AM , Anonymous Anonymous said...

hehehe...funny...
orang indonesia yang layak dapat nobel perdamaian sayangnya dah wafat semua..hehehe....

http;//sumpahpramuka.wordpress.com

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home